Buah yang terlupakan, justru bermanfaat “Seri”

seri

Buah seri atau yang biasa di sebut dgn kata ”Keres” atau ”Kresen” oleh orang jawa ini,bentuknya bulat kecil berwarna hijau dan akan merah setelah dia matang.Buah ini rasanya manis dan isinya air bercampur dengan biji-biji yang sangat kecil.

Mengenang sedikit kisah saya dengan buah mungil ini, dulu ketika saya masih kecil saya suka mengambil buah ini,karena emang pohonya tumbuh di depan Kampus tempat kuliah,namun bukan hanya itu pohon seri mudah tumbuh ditempat – tempat teduh seperti diperumahan, halaman perkantoran, di sekitar halaman sekolah hingga tumbuh tersebar dipemukinan warga sekitar. Pohon yang tumbuh dalam proses dari buah seri yang jatuh berserakan dengan fisik buah bulat hijau jika memerah buah itu berarti sudah matang sehingga pertahanan buah tersebut semakin lemah dengan bertambahnya bobot fisik buah dan angin yang bertiup kencang.

Guguran daun pohon tersebut memang tak henti – hentinya sehigga rajin untuk membersihkannya setiap hari, pohon yang rindang dengan memiliki daun kecil yang apabila disentuh terasa lengket dan terasa berbulu halus seperti daun pohon beringin hanya saja daun pohon beringin lebih kuat dan tebal serta mengandung getah didalamnya.

mengenai buah seri ini,yoww kita liat manfaat buah seri tersebut. berikut uraiannya.

MANFAAT BUAH SERI

Buah seri sebagai pengghilang nyeri Asam Urat (Muntingia calabura L)

Pohon Seri

Nama Daerah :
Pohon kersen, pohon ceri atau talok, Kerukup Siam (Malaysia) dikenal, di datiles, aratiles, atau manzanitas (Filiphina). capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito,(Spanyol), Jamaican cherry, Panama berry, (Inggris) dan cherry Singapura).

Kandungan buah kersen setiap 100 gram kersen adalah sbb :
Air (77,8 gram),Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg) nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

Kandungan Gizi
setiap 100 gram tanaman ini memiliki kandungan : 76,3 g air, 2,1 g protein, 2,3 g lemak, 17,9 g karbohidrat, (,0 g serat, 1,4 g abu, 125 mg kalsium, 94 mg fosfor, 0,015 mg vitamin A, 90 mg vitamin C. Nilai energinya 380 kJ/100 g

Manfaat :

1.ANTISEPTIK
Rebusan daun seri ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun Seri terbukti dapat membunuh bakteri sbb: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun Seri ini disebabbkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.

2.ANTI INFLAMASI
Rebusan daun Seri juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.

3.ANTI TUMOR
Daun Seri dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun Seri ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.

4. ANTI URIC ACID (ASAM URAT)
Di Indonesia secara tradisional buah Seri telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tsb.

Maka dari buah seri seakan terlupakan bahkan tak diperhatikan sekalipun bahwa buah seri tersebut memliki banyak manfaat serta mengandung rasa manis yang menyegarkan. Buah seri juga dianggap sebagai buah makanan ulat oleh sebagian masyarakat awam setempat, namun disisi lain buah seri bukan hanya mudah dijumpai diberbagai tempat, buah tersebut dapat menarik perhatian anak – anak setempat. Khusunya di tempat perkuliahan, sehingga ranting pohon yang menjulur kebawah memiliki daya tarik tersendiri sehingga ranting tersebut dapat dipergunakan untuk wahana permainan seperti tarsan – tarsanan, bergelajutan hingga bermain dibuah pohon tersebut. Karena suasana teduh yang dihasilkannya tersebut. Bukan hanya itu ranting pohon tersebut terbilang sangat kuat dan tak mudah patah, karena ranting tersebut memiliki kandungan serat yang cukup baik. Karena itu terbuktu ranting yang patah karena bahan untuk permainan anak – anak namun ranting tersebut tetap hidup walaupun terlihat seakan sudah mati.[]MZ_matasiswa.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s