Presentasi membuahkan Prestasi Unggul

CIMG7500

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis. Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).

Agar bisa pandai berpresentasi, orang sering kali belajar pada para pakar presentasi. Juga, ada banyak pembicara terkenal yang sering kali diamati oleh orang-orang yang ingin pandai berbicara di hadapan umum. Para pembicara terkenal di Indonesia antara lain KH Abdullah Gymnastiar, Tung Desem Waringin, Andrie Wongso, dan masih banyak lagi.

Keahlian berbicara di hadapan hadirin merupakan hal yang sangat penting bagi siapa pun yang ingin maju. Banyak presiden, manajer, wiraniaga, dan pengajar yang menjadi sukses dan terkenal lewat keahlian berpresentasi.

Bagi para master, pengertian presentasi tentu bukan hal yang asing lagi. Tapi, tidak apa-apalah saya tuliskan lagi untuk menyamakan persepsi sebelum membaca lebih lanjut tulisan-tulisan dalam blog ini. Presentasi adalah komunikasi antara pembicara dengan orang/sekelompok orang atau disebut audiens. Jadi, presentasi adalah salah satu bentuk komunikasi.

Ada banyak pengertian komunikasi yang pernah diungkapkan oleh para master komunikasi, salah satunya dari Bernard Barelson & Garry A. Steiner. Menurut mereka, komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb (saya ambil dari Wikipedia).

Dari definisi tersebut, dapat kita katakan presentasi adalah proses perpindahan informasi, gagasan, emosi, dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dll dari seorang pembicara pada audiens dengan maksud tertentu. Maksud ini bisa bermacam-macam sesuai dengan alasan dilakukannya presentasi, misalnya untuk menyampaikan informasi, untuk mempengaruhi, dll.

Nah, dari definisi di atas jelas kan apa yang dimaksud presentasi. Jadi, harus ada yang berbicara dan pendengar atau kelompok pendengar. Dan, yang penting di antara keduanya adalah perpindahan informasi atau apa saja yang menjadi tujuan pembicara. Masalah ini akan saya tulis terpisah, yang penting kita sudah sepaham mengenai pengertian presentasi.

Tulisan Terkait :

Belajar Keterampilan Berbicara dari Bill Clinton

Menetapkan Tujuan Presentasi

Indikator Presentasi Yang Berhasil

Teknik Presentasi Efektif

Mengenali Audiens Presentasi.

Kata Kunci Pencarian :

pengertian presentasi, definisi presentasi, pengertian presentasi bisnis, pengertian teknik presentasi, pengertian metode presentasi, teknik presentase, presentasi, definisi presentasi bisnis, pengertian persentasi, pengertian presentase.[]MZ_matasiswa.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s