Meluapnya Kali Ciliwung, Akibat menyepelekan Kebersihan Lingkungan

530836_410334899043235_898812449_n

Jakarta Selatan, Lenteng Agung 15 Januari 2013. Sebuah banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Pengarahan banjir Uni Eropa mengartikan banjir sebagai perendaman sementara oleh air pada daratan yang biasanya tidak terendam air.Dalam arti “air mengalir”, kata ini juga dapat berarti masuknya pasang laut. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau menjebol bendungan sehingga air keluar dari batasan alaminya.


Ukuran danau atau badan air terus berubah-ubah sesuai perubahan curah hujan dan pencairan salju musiman, namun banjir yang terjadi tidak besar kecuali jika air mencapai daerah yang dimanfaatkan manusia seperti desa, kota, dan permukiman lain.

Banjir juga dapat terjadi di sungai, ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air, terutama di kelokan sungai. Banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami. Meski kerusakan akibat banjir dapat dihindari dengan pindah menjauh dari sungai dan badan air yang lain, orang-orang menetap dan bekerja dekat air untuk mencari nafkah dan memanfaatkan biaya murah serta perjalanan dan perdagangan yang lancar dekat perairan. Manusia terus menetap di wilayah rawan banjir adalah bukti bahwa nilai menetap dekat air lebih besar daripada biaya kerusakan akibat banjir periodik.

Seperti yang dialami warga kampung sawah,Lenteng Agung Jakarta Selatan. Mengalami banjir yang cukup parah, banjir yang pada dini hari, akibat dari meluapnya kali Ciliwung sisekitar rumah penduduk. Akan tetapi rumah terparah diterjang banjir adalah perumahan yang persis dipinggiran kali tersebut, buks hanya itu hujan yang tak henti – henti akan berpotensi adanya longsor. karena dari tinjauan setempat daerah tersebut masih adanya gulungan tanah atau tebingan yang rentan yang berposisi tepat di atas kali tersebut.

Bukan hanya itu, air yang menggenang serta deras tersebut terbaur dengan adanya dampah yang berserakan hingga banyaknya pohon yang tumbang akibat banjir tersebut. Maka dari itu pentingnya menjaga kebersihan serta memelihara lingkungan sejak dini. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati itulah pentingnya menjaga kebersihan lngkungan khususnya didaerah kali terseut.[]MNZ_matasiswa.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s