SMK Taruna Bangsa Bekasi dalam Presentasi

sa
Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain.  Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).
Agar bisa pandai berpresentasi, orang sering kali belajar pada para pakar presentasi. Juga, ada banyak pembicara terkenal yang sering kali diamati oleh orang-orang yang ingin pandai berbicara di hadapan umum. Keahlian berbicara di hadapan hadirin merupakan hal yang sangat penting bagi siapa pun yang ingin maju.
Presentasi merupakan salah satu cara dalam upaya menjelaskan sesuatu topik atau bahasan tertentu dengan menggunakan (multi) media dalam waktu yang relatif singkat. Media yang dimaksud dapat berupa media tulisan, visual, verbal atau gabungan dari berbagai media (multi-media). Dengan kata lain, presentasi mestilah bertujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan sesuatu bahasan dengan menggunakan alat peraga yang menyebabkan pembahasan tersebut menjadi sistematis, menarik dan mudah dimengerti.
Dalam dunia pendidikan orang dewasa presentasi merupakan cara yang paling banyak digemari oleh para instruktur (pengajar) karena pendekatan tersebut dapat dengan mudah dan efektif menjelaskan bahasan-bahasan yang kompleks dan rumit sedemikian rupa sehingga kegiatan belajar-mengajar menjadi tidak membosankan dan melelahkan.
Persiapan presentasi
1.      Hal yang paling awal untuk dipersiapkan untuk melakukan presentasi adalah
    meyakinkan diri dengan pertanyaan berikut:
    Bahasan atau tema apa yang akan saya sampaikan ?
    Seberapa luas cakupan bahasan yang harus saya sampaikan dan berapa waktu yang tersedia ?
    Dapatkan saya membuat daftar poin-poin utama dari seluruh bahasan yang akan saya sampaikan ?
    Sudahkan saya mendapatkan cukup bahan (informasi) untuk mensupport bahasan yang akan saya sampaikan, seperti: data, argumentasi, contoh, dalil, kasus dsb ??
2. Mengetahui medan presentasi: siapa dan bagaimana karakteristik audience, berapa jumlah mereka, bagaimana struktur kelas dan tata ruang yang tersedia, fasilitas presentasi yang ada, serta waktu presentasi. Dengan mengetahui medan ini, paling tidak ada kesiapan antisipatif baik psikologis maupun teknis.
3.      Menyiapkan alur dan struktur bahasan dengan mempertimbangkan waktu yang tersedia. Sebaiknya dilakukan persiapan rancangan alur pembahasan dalam draft yang ditulis dalam satu lembar kertas. Rancangan ini membantu menjaga sistematika dan efisiensi presentasi, sehingga tidak ‘terjebak’ membahas sesuatu yang jauh melenceng dari topik bahasan.
4. Menentukan cara dan media yang akan digunakan. Pada intinya, gunakanlah cara dan media yang paling komunikatif dan mudah difahami. Bila topik bahasan seputar konsep-konsep dan pengertian, maka pendekatan verbal menjadi pilihan yang memadai. Membuat makalah yang sistematis, jelas urut-urutan dan poin-poin bahasan menjadi tuntutan pokok. Apalagi bila disertai dengan ringkasan makalah yang disajikan di awal atau di akhir bahasan. Bila pokok bahasan menyangkut suatu kajian sebab-akibat, atau suatu proses (kejadian) pendekatan visual dengan gambar-gambar grafis yang relevan akan sangat membantu mempercepat pemahaman peserta didik.
Seperti Mahasiswa STAI PTDI Lubang buaya yang mengadakan presentasi ke Sekolah – sekolah yang bertujuan untuk mempromosikan Kampus tempat menimba Ilmu tersebut,  Sekolah yang didatangi Mahasiswa tersebut adalah SMK Taruna Bangsa yang beralamatkan Jl. Lingkar Utara Kaliabang Bekasi Utara. Yang mempunyai Visi seperti, Menjadikan SMK Taruna Bangsa Menjadi Manusia yang menguasai Teknologi pada masanya dan membekali mentalnya dengan Akhlak mulia.
Serta Misinya seperti :
–        Pelaksaan kegiatan selalu berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa
–        Menjadikan lingkungan lingkungan sekolah sebagai Lingkungan wajib disipilin.
–        Menciptakan Pola santun sesuai kaidah masyarakat.
–        Menghargai ide dan kreativitas seluruh komponen sekolah yang bersifat positif.
–        Membuat pola penajaran yang membuat siswa tertarik pada bidang teknologi.
–        Menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
–        Selalu mengembangkan Sarana Praktikum sebagai jawaban terhadap perkembangan kerjasama dengan dunia usaha dan industry.
–        Meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara kontinyu dengan mengikutsertakan dalam pelatihan – pelatihan.
–        Penguasaan Bahasa Internasional sebagai jawaban sebagai globalisasi
–        Mengoptimalkan Biaya Pendidikan.
Bukan hanya itu sekolah tersebut mengedepankan Cerdas, Disiplin dan Berakhlak mulia. Sekolah tersebut telah kedatangan dari Mahasiswa tersebut untuk mempresentasikan Kampusnya tersebut, Seperti halnya sebut saja, Seorang Mahasiswa kampus tersebut sebut saja M. Ghifari Ramadhan beserta rekanya – rekannya seperti : Imam Wahyudi, Dede Rosadi, Imanuddin, Vicky Azmi, Aah Mukharom,  Suwarjon dan Teguh Maulana Malik Ibrahim. Yang mempromosikan Kampusnya tersebut dengan baik serta antusias Siswa sekolah tersebut sangatlah baik, itu terlihat adanya Tanya jawab serta Quisioner yang baik umpan baliknya.[]MZ_matasiswa.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s